SMA N 1 Rembang

Sejarah SMAN 1 Rembang

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rembang terletak di desa Bantarbarang kecamatan Rembang kabupaten Purbalingga provinsi Jawa Tengah. SMA Negeri 1 Rembang merupakan SMA Negeri yang keempat berdasar usia SMA Negeri di Kabupaten Purbalingga. SMA Negeri 1 Rembang resmi dibuka dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Nomor 0063/6/1991 tanggal 20 Juni 1991 tentang Pembukaan dan Penegerian Sekolah Tahun Pelajaran 1990/1991.

SMA Negeri 1 Rembang mulai membuka pendaftaran siswa baru pada tahun pelajaran 1990/1991. Pada saat itu tempat pendaftaran siswa baru bertempat di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Rembang yang berlokasi di desa Bodas Karangjati karena gedung belum selesai dibangun. Siswa baru yang diterima pada saat pendaftaran pertama berjumlah 120 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Proses belajar mengajar sementara waktu dilaksanakan menumpang di SD Negeri 1 Bantarbarang selama kurang lebih 1 semester pada tahun 1990. Kepala Sekolah yang pertama adalah Drs. Sudiono yang pada saat itu juga mengampu jabatan Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Bobotsari.

Dengan selesainya pembangunan gedung pada bulan November 1990 maka kegiatan belajar-mengajar menempati gedung baru yang terdiri atas 3 ruang belajar, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang guru, 1 ruang tata usaha, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang BP/BK, dan 1 ruang koperasi siswa.

Seiring berjalannya waktu, SMAN 1 Rembang terus dibenahi dari segi sarana dan prasarana serta kualitas layanan pendidikan yang dilaksanakannya. Pada tahun 2004, salah seorang siswa SMAN 1 Rembang berhasil menjuarai turnamen pencaksilat pelajar SMA/SMK tingkat Jawa-Bali. Prestasi puncak yang berhasil diraih adalah berhasil menjadi juara III Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional tahun 2008. Letak di pinggiran kota tidak berarti terpinggirkan dari persaingan regional maupun nasional.

Sekarang ini SMA Rembang telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berawal dari 3 rombongan belajar pada tahun 1990 hingga tahun 2012 menjadi 22 rombongan belajar dengan jumlah siswa 723 dan telah meluluskan lebih dari 4.000 siswa. Keadaan ini menunjukkan bahwa animo masyarakat untuk belajar di SMAN 1 Rembang cukup tinggi. Faktor ini menjadi salah satu unsur yang mendukung perkembangan SMAN 1 Rembang menjadi semakin maju dan berkualitas.

Visi
Terwujudnya Prestasi di Bidang Iptek dan Imtak dengan Berpijak pada Budaya Bangsa

MisiĀ 

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan optimal sehingga siswa dapat berkembang secara maksimal.
  2. Mendorong, membimbing dan menumbuhkan semangat belajar dan berprestasi.
  3. Mengusahakan pelayanan belajar yang efektif dan sumber belajar yang memadai.
  4. Menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan semangat untuk maju bagi warga sekolah.
  5. Menumbuhkan kesadaran siswa untuk menghayati ajaran agama yang dianut.

Sumber : http://sman1rembang-purbalingga.blogspot.com/